Friday, 27 July 2012

Motor Matic, Tempel Dominasi Bebek.

Bermain di segment pasar Low & Entry Level membuat dominasi Matic mampu menempel Bebek yang mampu menguasai pangsa pasar hampir 49 %, ternyata Pada tahun 2002 Yamaha merupakan pabrikan Jepang yang pertama kali memperkenalkan motor matic di tanah air, dimana pada saat itu kita hanya mengenal Kymco yang bermain disegmen skutik.  Kala itu ada Nouvo, kemudian booming lewat Mio series pada tahun 2005, Sejak itulah dominasi Yamaha sebagai raja matik di Indonesia.
  
Yamaha ya Yamaha, semakin hari Yamaha semakin menguasai pangsa pasar Matic di mulai dari tahun 2005 hingga 2010, namun dominasi Yamaha terancam oleh pabrikan motor rival dimana tahun 2010 pabrikan rival mampu membendung dominasi Yamaha Matic dengan selisih penjualan hanya 11,000 buah lebih dengan persentase market share 2010 berbagi dengan pabrikan rival 49,95 % dan Yamaha 45,65 %.


Semakin hari semakin tergeser dominasi Yamaha dalam Segment pasar Matic ini, Yamaha pun smakin kewalahan menghadapinya, hal inilah yang membuat Yamaha semakin kritis, melihat runtuhnya dominasi Yamaha di tahun 2011, membuat Yamaha semakin gerah, namun sekaligus memotivasi pabrikan Motor No. 2 di Negri ini, Yamaha pun mengeluarkan kebijakan untuk menciptakan “Motor matic injeksi irit harga murah”, lantas apa yang akan di keluarkan Yamaha yang masih mengandalkan Mio Series.


Ternyata akhir 2011 Yamaha mengumumkan akan mengeluarkan Motor matic injeksi irit harga murah yaitu ya MIO J yang menjadi Motor Matic pertama Yamaha yang mengusung teknologi YMJET-FI, Namun, Yamaha ternyata lebih dulu memperkenalkan Mio 115i (injeksi) di pasar Thailand., lantas seperti apakah spesifikasi Matic Mio J ini, di kutip dari (VIVAnews.com) :






Yamaha melakukan perubahan desain lampu kabut serta sein depan (dibuat melancip). Namun, untuk desain lampu setang tidak dilakukan perubahan. Adapun untuk bagian buritan dibuat dengan desain yang futuristik dan elegan.

Skutik ini juga telah dilengkapi beberapa fitur terbaru, seperti bagasi super besar yang mampu memuat sebuah helm, kunci kontak pengaman bermagnet dan standar samping yang bisa mematikan mesin (Side stand swith). 

Yamaha Mio 115i dipersenjati mesin 4 tak, SOHC berkapasitas 113,69 cc. Sistem pengabutan mesin motor ini sudah menggunakan sistem Fuel Injection (FI) terbaru yang disebut Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI). 

Skutik yang memiliki bobot 93 kg ini, juga dibekali ukuran tangki bahan bakar yang lebih besar (4,8 liter). YMJET-FI diklaim mampu membuat konsumsi bahan bakar minyak pada motor ini menjadi lebih efisien dan hemat di atas 30 persen.










Lantas mampuhkah MIO J yang digadang-gadang sebagai Motor matic injeksi irit harga murah ini mengembalikan dominasi Yamaha di segmen pasar Matic, jawabnya Pasti,Yamaha kan Semakin di depan, melihat Matic sudah tidak lagi di buat untuk perempuan, laki-laki pun berhak memilikinya, juga para Modifier harus miliki MIO J ini, yang katanya mudah banget di Modifikasi dan pasti hasilnya memuaskan. siip...
Lanjutkan Yamaha.

No comments:

Post a Comment

Menggunakan Snapdragon 730G ini dia Ponsel Samsung terbaru.

Belum lama ini, Samsung merilis seri A terbaru, ponsel dengan nama A71 ini hadirkan fitur AI gaming. Memiliki Layar yang luas yakni 6,7 in...